Pengertian Negoisasi, Strategi Negoisasi Dan Juga Negoisasi Dalam Jual Beli

 

Pengertian Negoisasi, Strategi Negoisasi Dan Juga Negoisasi Dalam Jual Beli


Pengertian Negoisasi

Dalam kegiatan negoisasi sendiri, untuk bisa mencapai kesepakatan harga antara penjual dan juga pembeli, maka tawar-menawar tidak bisa terlepas dari itu semua. Dan yang disebut dengan Negoisasi adalah proses tawar menawar dengan cara perundingan untuk bisa memberikan ataupun juga menerima kesepakatan bersama suatu yang yang menjadi kepentingan masing-masing pihak baik itu kelompok, organisasi, dan juga perorangan. 

Secara singkatnya, Negoisasi merupakan perundingan diantara kedua pihak yang memiliki kepentingan untuk bisa mencapai kesepakatan. Dan berikut adalah beberapa sebab terjadinya negoisasi.

  • Karena adanya upaya untuk menghindari peresengketaan yang telah terjadi ataupun persengkataan dimasa yang akan datang
  • Adanya upaya untuk menjaha suatu kehormatan ataupun juga kedaulatan dari masing-masing pihak
  • Adanya pihak yang memiliki suatu kepentingan
  • Adanya suatu masalah yang harus segera diselesaikan
  • Adanya keinginan untuk bisa mencapai kesepakatan untuk membagi kewajiban dan juga hak diantara pihak yang memiliki kepentingan

Pelaksanaan negoisasi yang khususnya dalam suatu kegiatan jual beli dimaksudkan untuk bisa memfasilitasi kehendak baik dari penjual maupun pembeli, yaitu dengan merundingkan tentang kewajiban serta hak yang dimiliki pembeli dan juga penjual.

Dan agar bisa mencapai kesepakatan yang baik, maka kedua belah pihak haruslah melakukan negoisasi yang dilandaskan dengan niat yang baik, rasa saling menghormati, tanggung jawab, kejujuran, dan juga akal sehat.

Strategi Bernegoisasi

Strategi dalam bernegoisasi adalah suatu rencana mengenai sebuah persiapan dalam rangka untuk bisa mengantisipasi terjadinya suatu masalah dan segala kemungkinan yang terjadi pada suatu pandangan. Dan saat dalam praktiknya, tidak ada strategi yang tepat dan pasti untuk melakukan negoisasi.

Strategi negoisasi ini biasanya dilakukan dan disesuaikan dengan yang mau dinegoisasikan, siapa yang akan bernegoisasi, ada atau tidaknya pihak penegah dalam negoisasi tersebut, tujuan, pihak-pihak, serta juga situasi dan kondisi.

Persyaratan yang harus dimiliki negosiator

Berikut adalah kriteria ataupun persyaratan yang pada umumnya harus dimiliki seseorang yang ditunjuk sebagai negosiator.

  • Memiliki kemampuan untuk bisa mengungkap dan juga mengekspresikan substansi suatu permasalahan
  • Memiliki kepercayaan yang sangat kuat, tetapi juga tidaklah boleh berlebihan
  • Penampilan dan juga sikap yang baik
  • Mempunyai kepandaian dalam pengambilan keputusan
  • Selalu bisa berpikir secara positif
  • Bisa mengendalikan emosi
  • Memiliki wawasan yang luas pada bidang yang hendak dirundingkan
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik

Apabila kriteria diatas sudah dimiliki sang negosiator, maka kesepakatan antara kedua belah pihak yang berunding bisa menuai hasil yang memuaskan.

Beberapa Strategi Dalam Bernegoisasi

Berikut adalah beberapa strategi bernegoisasi yang dapa dipelajari.

Strategi Menang-Kalah (Win-Lose Strategy)

Strategi ini adalah strategi untuk memperoleh kemenangan yang mutlak dengan cara mengalahkan orang lain. Strategi ini ddasari dari keinginan untuk bisa mengalahkan pihak lain dengan cara mengambil sesuatu yang menguntungkan dirinya dan akan membuat orang lain mengalami kerugian.

Strategi Kalah-Kalah (Lose-Lose Strategy)

Strategi ini biasanya dipilih oleh seseorang dikarenakan perasaannya didasari oleh hasrat untuk bisa melampiaskan kemarahan dan akan menjadi cenderung tidak menggunakan akal pikiran yang sehat. Strategi ini tentu saja tidak bisa memecahkan masalah yang ada malah sebaliknya, akan menimbulkan konflik yang berkepanjangan.

Strategi Menang-Menang (Win-Wing Strategy)

Yang dimakasudkan dengan strategi Menang-Menang adalah negoisasi yang dimana berorientasikan pada kemenangan untuk kedua belah pihak. Dalam hal ini, tentu saja dengan melihat substansi yang tengah dinegoisasikan dengan menjunjung tinggi serta menempatkan kewajiban serta hak pihak yang melakukan negoisasi, serta penyelesaian yang dilakukan dengan saling menghormati dan rasa manusiawi.

Negoisasi Dalam Jual Beli 

Berikut adalah materi yang pada umumnya diperbincangkan antara penjual dan juga pembeli dalam kegiatan jual beli.

  • Cara dan waktu pembayaran
  • Cara pengajuan klaim apabila terjadinya hal yang tidak diinginkan
  • Asuransi dan juga ongkos pengiriman
  • Pembuatan surat perjanjian dan kesepakatan
  • Penentuan jangka waktu berlakunya perjanjian
  • Harga barang yang diperjual belikan
  • Banyaknya barang yang diperjualbelikan
  • Waktu dan lamanya proses pengiriman
  • Cara pengiriman dan alat apa yang digunakan

Hasil dari negoisasi merupakan suatu pedoman yang haruslah dihormati dan dijalankan dengan baik oleh kedua belah pihak. Yang tentu saja untuk menegah dan menjaga agar tidak terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti ingarnya salah satu pihak terhadap kesepakatan yang telah dibuat.

Penutup

Dalam kesimpulan, penting untuk diingat bahwa negosiasi merupakan suatu proses penting dalam konteks jual beli yang melibatkan interaksi antara dua pihak dengan tujuan mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan. Pengertian negosiasi dan penerapan strategi negosiasi yang tepat menjadi kunci keberhasilan dalam transaksi jual beli, di mana kemampuan untuk memahami kebutuhan dan kepentingan bersama akan memengaruhi hasil akhirnya. Dengan demikian, kesadaran akan teknik negosiasi yang efektif akan membantu memperkuat hubungan bisnis dan meningkatkan kepuasan pelanggan serta memperkuat posisi dalam pasar yang kompetitif.
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar