Metode Pemilihan dan Penetapan Lokasi Pabrik

cara penetapan lokasi pabrik

Metode Ranking Procedure 

Bersifat kualitati atau subyektif. Metode ini diaplikasikan dalam memecahkan masalah yang sulit untuk dikuantifikasikan. Ada beberapa prosedur yang dilakukan berdasarkan langkah analisa, antara lain.
  • Identifikasi faktor - faktor yang relevan dan signifikasi berkaitan dengan proses pemilihan lokasi pabrik, meliputi faktor lokasi suplai bahan baku, lokasi wilayah pemasaran dan lainnya. 
  • Memberi bobot pada masing - masing faktor yang telah diidentifikasi berdasarkan derajat atau bobot kepentingan (weighted prosedure).
  • Melakukan penilaian (skor) pada faktor yang diidentifikasi untuk masing - masing alternatif lokasi yang akan dievaluasi. Nilai diberikan dengan skala angka berdasarkan range antara 0 s/d 10, dimana nilai terbaik ialah 10.
  • Hitunglah total nilai untuk masing - masing alternatif lokasi berdasarkan total nilai bobot dikalikan dengan total nilai laternatif lokasi yang terbesar. 
Metode ini terlihat sangat sederhana dan cepat untuk dilaksanakan, tapi memiliki kesulitan pokok ialah penetapan bobot setiap faktor yang dievaluasi karena memiliki kesan yang subyektif.

Metode Analisa Pusat Gravitasi

Fasilitas produksi pada lokasi yang optimal dapat dipengaruhi oleh sumber material yang dibutuhkan untuk masukkan (input) aktivitas produksi atau lokasi wilayah pemasaran tempat output hasil produksi harus didistribusikan. Metode ini dibuat dengan memperhitungkan jarak masing - masing lokasi sumber material atau wilayah pemasaran dengan lokasi pabrik yang telah direncanakan. Biaya produksi dan distribusi untuk masing - masing lokasi sama atau bisa diabaikan.

www.wnputrio.com
Keterangan :
i  = Banyaknya sumber lokasi material atau wilayah pemasaran yang akan dipertimbangkan dalam penentuan lokasi pabrik, dimana = 1,2,3 ........m.
j  = Jumlah atau banyaknya alternatif lokasi yang diusulkan, dimana J = 1,2,.....n.
wj = Jumlah kebutuhan (demand) produk atau material dari masing - masing lokasi. Jumlah kebutuhan ialah beban yang harus dipindahkan dari sumber ke lokasi pabrik dan sebalinya.
(xi ; yi) = Koordinasi alternatif pabrik yang akan didirikan.
(aj ; bj) = Koordinasi lokasi dari daerah pemasaran didapatkan dari lokasi perolehan sumber material.

Agar proses analisa berjalan lancar dengan menggunkan metode pusat gravitasi maka input data yang harus diperoleh, sebagai berikut.
  • Ramalan kebutuhan finished good output maupun material input dari masing - masing wilayah pemasaran. 
  • Koordinasi biografis dari pabrik yag direncanakan dan koordinasi lokasi pemasaran. 
Kendala utama dalam metode ini ialah adanya perbedaan biaya distribusi dan produksi untuk setiap lokasi, dimana pada formula yang ada tidak diperhitungkan. Metode analisa transportasi dapat diaplikasikan untuk mencari optimalisasi lokasi dengan memasukkan elemen biaya baik produksi maupun tranpostasi.

Metode Analisa Transportasi Program linear 

Metode ini diaplikasikan berdasarkan untuk menyelesaikan masalah pemilihan atau penentuan alternatif lokasi pabrik. Formulasi transportasi digunakan untuk menetukan pola distribusi yang terbaik dari lokasi pabrik ke wilayah pemasaran tertentu, kemudian total cost dihitung dan lakukan evaluasi. Ada beberapa metode yang digunakan dalam penyelesaian masalah transportasi, antara lain metode heuristics atau the least cost assignment routine method.

Metode heuristics memiliki tujuan untuk meminimalkan total cost untuk alokasi distribusi suplai produk pada setiap lokasi tujuan. Dimana dengan memperhatikan struktur biaya transportasi atau distribusi (biaya produksi digabungkan) yang ada, maka alokasi suplai dari masing - masing untuk memenuhi kebutuhan lokasi tujuan utama berturut - turut dari biaya yang terkecil hingga diperoleh biaya transportasi yang paling kecil. Metode heuristics  ini sangat mudah, sederhana dan selalu dimulai dari biaya terkecil tapi tidak memberikan jaminan hasil akhir yang optimal. 
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar