5 Jenis Model Atom Kimia Beserta Gambar Dan Penjelasan

www.wnputrio.com

kali ini saya akan membahas tentang struktur atom pada pelajaran kimia. pertama kita akan membahas tentang model atom.
model atom ini dapat dibagi menjadi  lima model, antara lain. 
A. Model Atom 
menurut Dalton, atom itu ialah sebuah partikel kecil yang todak dapat di bagi lagi. setelah beberapa lama model atom dalton ini gugur karena adanya penemuan elektron. 



B. Model Atom Thompson
model atom ini disebut juga sebgaia model roti kismis. dimana atom ini terdiri dari materi yang bermuatan positif (+) dan bermuatan negatif (-) dimana yang bermuatan negatif di sebut dengan elektron, seperti kismis dalam roti kismis. atom bersifat netral.


 

C. Model Atom Rutherford
menurut rutherford, atom itu terdiri dari proton dan neutron. dimana model ini mengusulkan model atom yang teridir dari inti atom, kulit atom, hampa dan elektron. model ini juga memiliki kelemahan dimana atom ini tidak dapat menjelaskan kenapa elektron tidak tersedot jauh ke inti atom. 

 


D. model Atom Niels Bohr 
dapat dilihat pada model sebelumnya ada kelemahan, maka Niels Bohr mengusulkan. 

 


pada model ini juga terdapat kelemahan dimana atom ini tidak dapat menjelaskan spektrum atom atau ion yang berektron banyak. model ini masih diterima saaat ini karena model ini tentang gagasan tentang tingkat energi (kulit atom).

E. Model Atom Mekanika Kuantum (mekanika gelombang)

model atom ini memiliki dua dasar yang penting, antara lain.
  1. menurut de broglie, dimana gerkakkan pertikel yang bergerak dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya yang memiliki sifat gelombang.
  2. menurut Heisenberg, dimana possi elektron dapat ditentukann dengan pasti.
model ini mempunyai kesamaan dengan model atom bohr dalam hal tingkat energi (kulit atom). model ini juga memiliki perbedaan dimana bohr mengambarkan lintasan berupa lingkaran dengan jari jari tertentu sedangkan model biomekanika kuantum berupa orbital.
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
2 komentar
  1. Kak saya udah email mengenai kerja sama blog, mohon dicek emailnya ya. kalau tidak ada biasanya ada dispam. Terimakasih
  2. Dunia adalah panggung tempat kehidupan berlangsung. Begitu kusagiri.asia kompleksnya, mengagumkan dengan keragaman budaya, alam, dan peradaban manusia. Setiap detiknya, dunia berubah, mengalami transformasi yang membentuk hooq.id masa depannya. Dalam seribu kata, aku akan mencoba merangkum keajaiban, tantangan, dan kerumitan dunia yang kita huni. Kita hidup dalam zaman teknologi yang merevolusi cara kita berkomunikasi, bekerja, dan hidup. Inovasi seperti kecerdasan buatan, pemetaan otak, dan energi terbarukan membentuk landasan masa depan eyoonsohar.com.