Perangkat Keras dan Lunak : Pengertian, Penjelasan dan Contoh

Perangkat Keras dan Lunak : Pengertian, Penjelasan dan Contoh


Pengertian Multimedia

Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk menggabungkan dan membuat teks, audio, grafik, video animasi, dengan cara menggabungkan tool dan link yang memungkinkan pemakai untuk melakukan navigasi, berkomunikasi dan juga berinteraksi.

Multimedia terdiri dari dua kata, yaitu “Muti” dan “media”, multi artinya banyak dan media artinya sesuatu yang bisa dipakai untuk menyampaikan informasi atau pesan. Multimedia juga bisa diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menyampaikan dan menggabungkan informasi dalam bentuk audio, teks, video, dan animasi.


Perangkat Keras Multimedia

Perangkat keras multimedia merupakan sebuah alat pengolahan data berupa gambar, video, animasi, teks, ataupun audio yang bekerja secara otomatis dan elektronis. Unsur utama sistem pada perangkat keras multimedia diantaranya adalah output, input, CPU, Storage/memory, dan yang merupakan unsur tambahan-nya adalah Communication Link.

Berikut adalah yang merupakan perangkat keras komunikasi:

  1. Perangkat keras ini pada umumnya terdiri dari multiplexer, host, cluster control unit, modem, saluran, terminal, dan front-end processor.
  2. Multipexer, alat ini merupakan suatu alat yang memungkinkan penerimaan dan pengiriman beberapa pesan secara serentak.
  3. Front-End Processor, alat yang menangani lalu-lintas komunikasi data yang keluar masuk bagi komputer host. Front-End Processor juga berfungsi sebagai unit output dari host dengan cara menerima pesan-pesan untuk transmisi ke terminal.
  4. Host, host adalah yang mengerjakan pemrosesan data untuk jaringan. Seluruh pesan yang masuk akan ditangani dengan cara yang sama dengan data yang diterima dari segala jenis input apapun. Apabila sudah di proses maka pesan bisa ditransmisikan kembali ke front-end processor untuk proses routing.
  5. Terminal, terminal terdiri dari hard copy, multimedia display, dan terminal jenis lainnya, seperti telepon tombol, keyboard, dan juga terminal pengumpulan data.
  6. Cluster, cluster adalah control unit yang berfungsi sebagai penghubung antara terminal yang dikendalikan-nya dengan peralatan-peralatan dan seluruh saluran.
  7. Modem, modem adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital, dan begitu juga sebaliknya.


Perangkat Lunak Multimedia

Perangkat lunak multimedia adalah sebuah program yang digunakan untuk mengolah beberapa media informasi seperti grafik, video, audio, teks, interaktif, dan gambar. Aplikasi multimedia terdiri dari banyak jenis, dimulai dari yang bisa untuk melihat saja, hingga dengan fitur maksimal-nya seperti edit dan membuatnya.

Perangkat Lunak Multimedia:

Graphic/Image Editor

Graphic/Image Editor adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit, menggambar, melukis, dan memanipulasi gambar secara interaktif pada sistem komputer. Berikut adalah beberapa contoh dari perangkat lunak image editor.

  • Paint Shop Pro, bitmap dan vector editor. Bersifat komersial serta di produksi oleh corel corporation.
  • GIMP, bitmap dan vector editor. Merupakan image editor yang memiliki sifat open source dan juga diproduksi oleh The Gimp Team dengan lisensi GNU (General Public User).
  • Corel Draw, vector image editor. Bersifat komersial yang diproduksi oleh corel corporation.
  • Microsoft Paint, bitmap image editor. Bersifat komersial dan juga sudah langsung ada pada paket Microsoft Windows.
  • Adobe Photoshop, bitmap dan vector editor. Bersifat komersial yang diproduksi oleh adobe systems, dan merupakan image editor terbaik saat ini.

Animasi

Aplikasi animasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, memanipulasi informasi, dan mengedit dalam bentuk animasi. Animasi adalah gambar bergerak ataupun konten dengan gambar yang fiktif, seperti gambar tidak rill dan kartun. Berikut adalah beberapa contoh dari perangkat lunak image editor.

  • Houdini Animation Software, bersifat komersial serta diproduksi oleh Side Effect Software.
  • Power Animator, aplikasi yang merupakan penerus dari Maya untuk membuat animasi. Diproduksi oleh Alias System Corporation, dan bersifat komersial.
  • Macromedia Flash, merupakan salah satu aplikasi untuk membuat aplikasi yang paling banyak digunakan. Bersifat komersial dan di produksi oleh Macromedia Inc.

Grafik 3D

Aplikasi Grafik 3D adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit, memanipulasi, dan membuat informasi dalam bentuk gambar 3 dimensi. Berbeda dengan format 2 dimensi, 3 dimensi merupakan sebuah representasi gambar dalam geometri 3 dimensi. Berikut adalah contoh dari perangkat lunak grafik 3D.

  • Silo 3D Modeling, diproduksi oleh Nevercenter Ltd. Co dan bersifat komersial.
  • 3D Studio Max, diproduksi oleh Autodesk media & Entertainment, dan bersifat komersial.


Media Player

Media player adalah perangkat lunak yang digunakan untuk memainkan informasi dalam bentuk video dan audio. Berikut adalah Beberapa jenis dari perangkat lunak media player.

  • Windows media player, diproduksi oleh Microsoft Corp dan bersifat komersial.
  • Musicmatch Jukebox, diproduksi oleh Musicmatch Inc dan bersifat komersial.
  • Winamp, diproduksi oleh Nullsoft Inc bersifat freeware/komersial.
  • Real Player, diproduksi oleh Real Networks dan bersifat komersial.
  • PowerDVD, diproduksi oleh Cyberlink dan bersifat komersial.

Graphis/Image Viewer

Image Viewer adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melihat gambar secara terorganisasi pada sebuah direktori. Biasanya perangkat lunak jenis ini juga sudah menyediakan tools sederhana untuk edit foto. Beberapa contoh perangkat lunak image viewer adalah sebagai berikut.

  • Microsoft Picture Manager, diproduksi oleh Microsoft Corp dan bersifat komersial.
  • ACDSee, diproduksi oleh ACD Systems dan bersifat komersial.
  • XNView, diproduksi oleh Pierre-e Gougelet dan bersifat komersial.

Audio/Video Editor

Audio/video editor adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit serta memanipulasi informasi dalam bentuk audio dan video. Pada perangkat lunak ini terdapat banyak tools yang disediakan untuk memudahkan proses pengeditan. Beberapa contoh perangkat lunak Audio/Video Editor adalah sebagai berikut.

  • Pinnacle Studio, diproduksi oleh Pinnacle Systems dan bersifat komersial.
  • Adobe Premiere Elements, diproduksi oleh Adobe Systems dan bersifat komersial.
  • Windows Movie Maker, diproduksi oleh Microsoft Corp dan bersifat komersial.
  • Camtasia Studio, diproduksi oleh TechSmith Corporation dan bersifat komersial.


Penutup

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa multimedia telah menjadi bagian integral dalam kehidupan kita sehari-hari. Penggunaannya yang luas dan beragam memberikan kontribusi besar dalam berbagai bidang, mulai dari pendidikan, hiburan, hingga industri kreatif. Perangkat keras dan lunak multimedia yang terus berkembang menghadirkan solusi yang semakin canggih dan memungkinkan kita untuk berekspresi dengan lebih kreatif dan efektif.

Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar