Menjelajahi Istilah-Istilah Penting Internet: Memahami Dunia Digital Lebih Dalam

Menjelajahi Istilah-Istilah Penting Internet: Memahami Dunia Digital Lebih Dalam


Pengertian Internet

internet adalah sistem global jaringan komputer yang terhubung menggunakan standar internet protocol suite (TCP/IP) untuk bisa melayani hingga miliaran pengguna dari seluruh penjuru dunia. Internet juga sebuah jaringan komunikasi global yang terbuka dan juga menghubungkan hingga ribuan jaringan komputer melalui sambungan telepon umum ataupun juga pribadi.

Di internet sendiri, banyak kata-kata yang mungkin asing untuk dibaca ataupun didengar. Seperti www, FTP, IRC, HTML, Hyperlink, dan sebagainya. Seluruh istilah tersebut pun semakin berkembang sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi. Lalu apa saja arti dari istilah tersebut. Ini dia penjelasannya.

Istilah-Istilah Penting Seputar Internet

Website

website atau dikenal juga dengan situs web adalah setiap tempat (Space) dalam sebuah komputer yang terhubung dengan internet dan menjalankan fungsi serta proses sebagai server web yang di mana berisikan berbagai dokumen dengan format HTML. Masing-masing website memiliki URL dan nama domain khusus seperti .com .net .me .org dan lainnya. Contohnya seperti facebook.com

Web Page

Web Page atau dikenal juga dengan halaman web adalah sebuah file ataupun dokumen HTML yang disimpan oleh sebuah server komputer dan juga merupakan bagian dari kumpulan file serta dokumen yang dipunyai oleh sebuah web site.

Download

Download adalah mengambil file baik itu berupa foto, musik, software, video, teks, dan lainnya langsung dari sebuah komputer diinternet ke komputer milik pribadi.

Upload

Upload adalah mengirim file baik itu berupa software, foto, musik, teks, program, dan lainnya langsung dari komputer milik pribadi ke komputer lain lewat fasilitas internet.

HTML (Hyper Text Markup Language)

HTML adalah sebuah bahasa program Markup digunakan untuk menuliskan format dokumen yang bisa diakses melalui web. Dengan memakai format HTML setiap dokumen  yang telah dibuat bisa dibaca oleh seluruh sistem operasi dan juga tipe komputer yang ada di dunia.

Hyperlink (Hypertext Link)

Hyperlink atau lebih dikenal juga dengan sebutan link adalah sebuah bagian tertentu dalam suatu dokumen HTML yang di mana mengacu pada suatu dokumen atau file lain ataupun pada bagian lain dari suatu dokumen/file yang sama. Sebuah text yang memiliki link  biasanya ditandai dengan memiliki garis bawah dan tulisan berwarna biru pada bagian text tersebut.

Web Browser

web browser atau juga sering disebut dengan browser adalah sebuah program ataupun software yang khusus dirancang untuk mencari dan juga menampilkan dokumen suatu web dalam format HTML. Dengan menggunakan browser, pengguna bisa menelusuri dan juga mencari isi dari dokumen suatu web dan berpindah dari halaman lain pada web tersebut.

Www (World Wide Web)

www atau juga lebih dikenal dengan sebutan web adalah suatu sistem dimana informasi dalam bentuk suara, gambar, teks, dan yang lainnya yang disimpan pada server-server yang terdapat pada seluruh dunia. Dokumen web tersebut dibuat dalam format HTML.

File Transfer Protocol (FTP)

FTP adalah suatu aplikasi internet yang dimana digunakan untuk mengambil atau mengirimkan file dari komputer lain atau ke komputer lain.  FTP biasanya digunakan untuk upload dan download file.

Ping

ping adalah Packet Internet Gopher yang dipakai/digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang tengah digunakan terhubung dengan komputer lain yang ada di internet.

Mailing List

mailing list atau bisa juga disebut dengan milis adalah sebuah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi ataupun bertukar informasi pada satu kelompok e-mail.

Gopher

Gopher adalah suatu aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang tersedia di internet. Akan tetapi, informasi yang didapatkan tersebut hanyalah sebatas teks saja.

Internet Relay Chat

IRC adalah sebuah aplikasi internet yang digunakan untuk berbincang di internet. Berbincang di internet biasa juga disebut dengan chatting.

Newsgroup

Newsgroup adalah sebuah aplikasi internet yang digunakan untuk bisa saling berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya dalam sebuah forum. Pada umumnya, setiap anggota forum newsgroup memiliki ketertarikan dan kepentingan yang sama dan juga membahas berbagai macam topik tertentu.

Telnet

telnet adalah sebuah aplikasi internet yang dipakai untuk bisa mengakses komputer dengan jarak yang cukup jauh. Telnet bisa digunakan apabila anda telah mempunyai user ID, Password, dan juga IP Address komputer tersebut.

Penutup

Dengan menjelajahi istilah-istilah penting Internet, kita membuka pintu menuju pemahaman yang lebih dalam tentang dunia digital yang begitu dinamis. Melalui pemahaman yang lebih baik tentang konsep-konsep kunci seperti DNS, bandwidth, firewall, dan lainnya, kita dapat mengoptimalkan pengalaman online kita serta melindungi diri dari ancaman keamanan yang semakin kompleks. Semakin kita menggali lebih dalam ke dalam istilah-istilah ini, semakin terbuka juga kesempatan untuk berpartisipasi aktif dalam evolusi terus-menerus dunia digital yang memengaruhi hampir setiap aspek kehidupan kita saat ini.
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar