Contoh-Contoh Peralatan Proses (CPU/Central Processing Unit)

Contoh-Contoh Peralatan Proses (CPU/Central Processing Unit)


Peralatan proses, terutama CPU atau Central Processing Unit, merupakan inti dari setiap sistem komputer modern. Sebagai otak dari perangkat keras komputer, CPU bertanggung jawab atas eksekusi instruksi dan pemrosesan data yang membentuk landasan dari fungsi keseluruhan komputer. Dengan kemampuan untuk melakukan jutaan operasi per detik, CPU memainkan peran penting dalam menjalankan berbagai aplikasi, mulai dari tugas-tugas sehari-hari hingga komputasi yang kompleks. Dalam pembahasan selanjutnya, kami akan menjelajahi berbagai contoh peralatan proses CPU yang digunakan dalam berbagai konteks, mulai dari komputer desktop hingga sistem embedded dan infrastruktur cloud.

CPU (central processing unit) terbagi menjadi 3 bagian fungsional, yaitu sebagai berikut.

CU (Control Unit)

Control unit pada CPU memiliki fungsi untuk mengatur dan juga mengendalikan seluruh peralatan yang terdapat pada sistem komputer. Unit ini akan mengatur kapan saat yang tepat untuk alat input menerima data dan kapan juga diolah dan ditampilkan pada perangkat output. Berikut yang merupakan tugas dari Control Unit.

  • Mengambil data dari memori utama untuk diproses
  • Mengirim segala intruksi ke ALU apabila ada perhitungan artimatika ataupun perbandingan logika serta juga mengawasi kinerja dari ALU.
  • Menyimpan hasil proses ke memori utama.
  • Mengatur dan mengendalikan alat-alat output dan juga input.
  • Mengambil seluruh instruksi dari memori utama.

Register

Register Unit pada CPU memiliki fungsi sebagai alat penyimpanan kecil yang dimana memiliki kecepatan akses yang lumayan tinggi, juga digunakan untuk menyimpan data beserta instruksi yang sedang diproses, untuk sementara data dan juga instruksinya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan pada memori utama.

Alu

Alu atau lebih kepanjangan dari Aritmetic and Logical yaitu tugas utama dari alu adalah untuk melakukan perhitungan yang memiliki sifat aritmetik serta juga melakukan keputusan, yang berasal dari logika dan juga manipulasi bit sesuai dengan instruksi dari program.

Berikut adalah tiga macam memori yang digunakan pada sistem komputer.

  • Main, memori ini digunakan untuk menyimpan data dan juga instruksi yang akan diproses serta hasil pengolahan.
  • Secondary Storage, memori ini digunakan untuk menyimpan program serta data secara permanent.
  • Register, memori ini dipergunakan untuk menyimpan seluruh instruksi dan juga data yang tengah diproses.

Komponen-Komponen Pada CPU

CPU juga memiliki komponen penting yang terdapat didalamnya, komponen inilah yang akan membuat kinerja dari CPU bisa berjalan dengan baik tanpa adanya kendala. Dan berikut adalah komponen-komponen yang terdapat pada CPU.

CD/DVD Drive

Yang merupakan fungsi dari CD/DVD Drive ini sendiri adalah untuk membaca seluruh data dari sebuah Compact Disk. Sedangkan ROM yang merupakan singkatan dari Read Only memiliki arti penyimpanan data yang hanya bisa untuk dibaca. Jadi CD-Rom hanya bis digunakan untuk membaca data, tidak untuk menyimpan data. Dan untuk bisa menyimpan data bisa menggunakan CD-RW yang artinya Read Write, dengan begitu CD-RW bisa digunakan untuk membaca dan juga menyimpan data.

Floopy Disk Drive

Floopy Disk Drive adalah sebuah alat yang dimana berfungsi untuk membaca ataupun menulis pada alat yang berupa disket. Mungkin beberapa tahun yang lalu masih banyak kita jumpai orang yang masih memakai Floopy Disk berukuran 5 1/4 inch yang hanya bisa menyimpan data sebesar 700Kb saja dan disket kecil yang berukuran 3 1/2 inch yang bisa menyimpan data sebesar 1,4MB.

Power Supply

Power supply pada CPU memiliki fungsi untuk mengubah jenis daya listrik yang tersedia pada stopkontak. Dan biasa nya jenis komponen seperti motherboard, pada disk drive logika, dan kartu adapter menggunakan sebesar +5 Volt Power serta pada Fan dan motor disk drive menggunakan daya sebesar +12 Volt. Dan agar komputer bisa berjalan dengan baik, pasokan arus harus diberikan dengan baik.

Harddisk

Harddsik adalah sebuah piranti penyimpanan sekunder dimana data akan disimpan  sebagai sebuah pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar dan juga terintegrasi. Data tersebut disimpan pada sebuah lingkaran konsentris yang biasa disebut dengan track, dan pada setiap tracknya dibagi menjadi beberapa segment yang sebut dengan sector.

Sound Card

Fungsi kartu suara atau sound card pada CPU adalah untuk prosesor audio pada sebuah komputer. Kartu suara yang dipasang pada komputer akan berjalan dan dan mengontrol seluruh audio pada komputer.

VGA (Video Grapich Card)

VGA pada CPU berfungsi untuk menterjemahkan output dari komputer kepada monitor. Yang dimana untuk desain grafik/menggambar ataupun juga untuk bermain game maka diperlukan VGA yang tinggi spesifikasinya. VGA memiliki harga yang mahal untuk bisa mendapatkan spesifikasi yang bagus dan kepuasan untuk bermain game ataupun desain grafis.

Mainboard/Motherboard

Motherboard atau juga bisa disebut dengan papan induk memiliki fungsi sebagai tempat seluruh alat utama pada CPU. Motherboard memiliki bentuk seperti sebuah pada sirkuit elektronik. Motherboard ini jugalah yang berfungsi untuk menghubungkan seluruh komponen komputer tersebut agar bisa saling berinteraksi satu dengan yang lainnya.

Processor

Processor merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk memproses seluruh perhitungan yang harus dilakukan oleh komputer. Kekuatan dari prosesor dapat diukur dengan melihat frekuensi nya, contohnya seperti 550MHz hingga saat ini sudah ada yang bisa mencapai 4.3 GHz (Core i9). apabila komputer dinyalakan maka pada saat itu juga prosesor mulai bekerja.

RAM (Random Acces Memory)

Ram atau random acces memory berfungsi untuk sebuah penyimpanan data sementara sewaktu dipakai oleh prosesor. Dan apabila komputer dimatikan, maka data yang terdapat pada ram akan hilang. Ram membaca lebih cepat jika dibandingkan dengan Harddisk.

Penutup

Sebagai inti dari kemajuan teknologi komputer, peralatan proses CPU terus berkembang untuk memenuhi tuntutan akan kinerja yang lebih tinggi, efisiensi daya yang lebih baik, dan fleksibilitas yang lebih besar. Dari CPU desktop yang kuat hingga chip terintegrasi dalam perangkat mobile, CPU telah mengubah cara kita berinteraksi dengan teknologi sehari-hari. Dengan terus berinovasi dan menghadirkan solusi yang lebih canggih, peralatan proses CPU akan terus menjadi pendorong utama dalam evolusi dunia komputasi. Dengan demikian, peran CPU dalam membentuk masa depan teknologi tidak dapat diabaikan, dan terus menjadi fokus penelitian dan pengembangan di bidang teknologi informasi.
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar