Contoh - Contoh Peralatan Input Atau Masukan Komputer

Contoh - Contoh Peralatan Input Atau Masukan Komputer


Dalam dunia komputasi modern, perangkat input menjadi landasan utama yang memungkinkan interaksi antara manusia dan komputer. Dari keyboard hingga scanner, perangkat-perangkat ini memainkan peran penting dalam mengubah data menjadi informasi yang berarti. Memahami peran serta jenis-jenis perangkat input ini adalah kunci untuk memaksimalkan produktivitas dan efisiensi dalam penggunaan komputer sehari-hari.

Pengertian Perangkat Input (masukan)

Perangkat input (masukan) adalah sebuah alat untuk memasukkan data serta program kedalam komputer untuk bisa diproses menjadi sebuah informasi atau keluaran. Unit ini juga bisa berfungsi sebagai media untuk memasukkan data yang berasal dari luar kedalam memori atau prosesor untuk diolah dan menghasilkan ragam informasi yang diperlukan.


Apabila dibedakan dengan berdasarkan sifat, perangkat input sendiri dibedakan menjadi dua yaitu :

Perangkat input langsung

Yang dimaksud dengan perangkat input langsung adalah input yang telah dimasukkan akan langsung diproses oleh alat pemroses seperti contohnya mouse, touchscreen, digitizer graphics tablet, scanner, dan juga keyboard.


Perangkat input tidak langsung

Yang dimaksud dengan perangkat input tidak langsung adalah input yang telah dimasukkan akan melewati berbagai media tertentu sebelum suatu input tersebut diproses oleh alat pemroses seperti contohnya harddisk, disket dan juga punched card.


Dan dengan begitu dapat disimpulkan kembali fungsi lainnya dari perangkat input atau masukan yaitu untuk memasukkan data dan juga program kedalam proses untuk bisa diproses menjadi informasi atau keluaran. Dan berikut adalah beberapa contoh dari perangkat input yang sering dijumpai.

1. Keyboard

Keyboard bisa dibilang sebagai suatu alat input yang paling penting dalam suatu pengolahan data pada komputer. Karena keyboard dapat berfungsi untu memasukkan karakter khusus, angka, huruf, dan juga perintah-perintah lainnya yang bisa memudahkan pengguna seperti menyimpan dan membuka file.

2. Mouse

Mouse adalah sebuah perangkat masukan komputer yang berfungsi untuk menggerakkan pointer ataupun kursor dengan cepat. Sama seperti keyboard, mouse juga merupakan perangkat masukan yang penting pada sistem operasi yang menggunakan tampilan grafik.

Mouse juga terdiri dari beberapa jenis seperti berikut ini :

  • Three button, mouse dengan tipe three button ini terdiri atas 3 tombol yaitu kiri, kanan, dan juga tengah.
  • Scrool button, mouse dengan tipe scrool button ini terdiri dari 2 tombol dan ditambah lagi dengan scrool yang dimana berfungsi untuk menggulung dengan cepat.
  • Dual button, mouse dengan tipe dual button ini terdiri dari 2 tombol yaitu tepatnya pada bagian kanan dan juga kiri.

3. Scanner

Scanner adalah perangkat peripheral komputer yang dimana berguna untuk memindai gambar ataupun dokumen ke dalam bentuk teks diatas kertas kedalam dokumen komputer ataupun file dikomputer. Berdasarkan dari cara penggunaannya, scanner dibedakan menjadi dua yaitu sebagai berikut :

A. Plat bed scanner

Yang dimaksud dengan plat bed scanner yaitu scanner yang dimana cara penggunaannya dengan cara meletakkan objek yang ingin dipindai diantara cover dan lensa. Dan biasanya scanner ini banyak dijumpai diperkantoran.

B. Hand-held Scanner

Yang dimaksud dengan hand-held scanner adalah scanner yang cara penggunaannya memakai tangan untuk memindai objek yang diinginkan, dan biasanya scanner jenis ini sering dijumpai disupermarket untuk memindai harga ataupun barcode.

4. Lightpen

Lightpen merupakan sebuah pointer elektronik yang dimana digunakan untuk men-desain gambar langsung dengan monitor. Lightpen mempunyai sensor yang dimana bisa memberikan sinyal cahaya pada komputer yang kemudian akan direkam dan layar monitor akan bekerja dengan merekam sebanyak enam sinyal elektronik setiap baris/detik.

5. Barcode

Barcode juga merupakan termasuk kedalam perangkat masukan komputer, fungsi dari barcode adalah untuk membaca kode yang berbentuk garis tebal vertikal ataupun berbentuk kotak-kotak yang kemudian akan diterjemahkan kedalam bentuk angka, kode ini biasanya menempel pada kemasan produk elektronik, makanan, minuman.

6. Touchscreen

Touchscreen merupakan teknologi yang sangat mempermudah, dimana kita bisa memberikan perintah-perintah cukup dengan menyentuh ataupun menekan tombol perintah yang ada pada layar.

7. Microphone

Microhphone juga merupakan termasuk kedalam perangkat masukan komputer, microphone digunakan untuk memasukkan suara kedalam komputer. Dan untuk menggunakan microphone ini membutuhkan sebuah perangkat keras tambahan untuk menerima input suara yaitu soundcard.

8. Joystick

Joystick juga merupakan perangkat masukan komputer tambahan yang jarang digunakan, terkecuali untuk bermain game. Joystick memiliki banyak bentuk yang beragam, tetapi yang dikenal dengan orang banyak adalah joystick yang berbentuk tongkat dan juga dapat digerakkan kesegala arah.


Penutup

Dengan terus berkembangnya teknologi perangkat input, memperkuat pemahaman akan fungsionalitas dan peran mereka dalam penggunaan komputer dapat menjadi pendorong utama untuk inovasi dan kemajuan. Oleh karena itu, meluangkan waktu untuk mempelajari lebih lanjut tentang berbagai jenis perangkat input dan bagaimana mereka dapat diterapkan secara efektif dapat memberikan keunggulan kompetitif dalam dunia teknologi yang terus berubah.
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar