Perancangan Perkakas dan Peralatan serta Estimasi Biaya Produksi

www.wnputrio.com


Perancangan Perkakas dan Peralatan untuk Proses Produksi

Perancangan perkakas potong (tool design) ialah untuk memperoleh perkakas yang lebih efektif dan ekonomis (efesien) saat digunakan untuk melakukann operasi pemotongan. Desain untuk perkakas berkaitan dengan penetapan sudut - sudut pahat.

Perkakas pembantu, Jig dan fixture digunakan untuk mempercepat proses set up atau handling dalam operasi manufakturing. Fixture ialah alat bantu yang digunakan untuk memegang dan menempatkan benda kerja. Pada proses perakitan fixture digunakan untuk memegang benda kerja.

 Jig mempunyai prinsip yang sama dengan fixture, dimana yang paling utama digunakan untuk memberikan arah / petunjuk dari perkakas potong (tool) menuju posisi yang akan dikerjakan. Pada umumnya jig digunakan untuk kegiatan proses pembuatan lubang (drilling).


Estimasi Biaya Produksi (Manufacturing Cost)

Estimasi biaya ialah langkah yang penting dalam kegiatan proses manufakturing, karena dapat berpengaruh dengan kelangsungan sebuah perusahaan. Biaya terstuktur dapat diklasifikasikan dalam tiga komponen biaya utama, antara lain.
  • Biaya material langsung ialah biaya yang dikeluarkan untuk pengadaan material yang diperlukan langsung untuk menghasilkan produk.
  • Biaya pekerjaan langsung ialah biaya yang dikeluarkan untuk membayar upah para pekerja langsung, contoh operator mesin. 
  • Biaya overhead ialah biaya yang dikeluarkan untuk biaya material atau pekerja langsung, seperti biaya material dan biaya pekerja tidak langsung. 
biaya tersebut berkaitan dengan permasalaha biaya produksi dan analisis finansial atau ekonomi teknik (engineering economy).
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar