Lembaran Proses dan Daftar Material (Bill of Material)

www.wnputrio.com

Berbagai macam proses manufaktur yang dikenal, tapi yang dipilih untuk mengerjakan benda kerja melewati prosedur yang paling efektif dan ekonomis maka harus membuat gambaran langkah - langkah yang akan dilaksanakan, yaitu melalui lembaran proses (sheet process). Ada beberapa macam lebaran yang digunakan, meliputi peta proses operasi (operation process chart), route chart, dan lain - lain.

Peta proses operasi (operation process chart) ialah menggambarkan aliran material yang diproses dari awal sampai akhir dengan melalui berbagai macam proses yang dilakukan. Peta tersebut akan memberikan informasi mengenai proses operasi, inspeksi, transformasi, delay dan storages. Untuk menggambarkan aktivitas tersebut dilakukan dengan menggunakan simbol - simbol yang telah di standarkan oleh ASME (American Society of Mechanical Engineering), antara lain.

lembaran proses asme

Langkah kedua, membuat lembaran urutan aktivitas (route sheet), dimana lembaran ini akan mendeskripsikan lebih detail langkah urutan operasi, uraian penjelasan tentang masing - masing operasi, informasi permesinan  dan lain - lain. Route sheet ialah intruksi kerja dalam pembuatan produk ini yang akan terus beredar dari proses satu ke proses lainnya. Informasi yang termasuk dalam route sheet seperti nomor dan lokasi mesin, jenis peralatan, waktu untuk set up dan machining operatioan dan hal lainnya.

Langkah ketiga, menyusun Bill Of Material (daftar kebutuhan material). Bill Of Material ialah daftar komponen atau material yang digunakan untuk menyusun sebuah produk rakitan lengkap. Pada umunya berkaitan langsung dengan produk yang akan dibuat (dirancang).
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar