Hubungan Antara Lingkungan Teknologi Dengan Lingkungan Ekonomi

www.wnputio.com

Kondisi ekonomi ialah penyebab utama pengaruh pada tingkat dan langkah perubahan teknologi. Perusahaan berbadan hukum sering berubah ke arah teknologi untuk menunjukkan tantangan dan tekanan ekonomi, dimana dengan cara mengadopsi teknologi efesien untuk biaya dan pasar yang luas.

Demikian juga dengan industri mobil yang memperkenalkan bahan bakar yang efesien untuk menarik konsumen. Intel memperkenalkan procesor celeron sebagai jawaban atas munculnya pesaing di asia, menyadari bahwa adanya procesor untuk memperluas pasar dan komputer pribadi. Dasar dan penerapan penelitian digerakkan oleh pasar yang berlaku (kondisi ekonomi) daripada pengetahuan ilmiah serta teknologi


Perubahan Otonomi

Lingkungan teknologi dapat perubah yang disebabkan oleh tindakan bebas dari pengembang. Perubahan otonomi ialah perubahan yang diprakarsai oleh para pengembang teknologi, tapi memiliki kebebasan usaha bagian - bagian lingkungan makro. Perubahan ini dapat diprediksi daripada perubahan induksi, tapi dicari dari sumber - sumber perorangan.

Contoh semikonduktor dan mikropocesor telah mengarahkan perkembangan teknologi yang bisa mengakibatkan banyaknya variasi produk seperti komputer, peralatan elektronik, mobil, kulkas dan sistem pengaturan teknologi. Kemajuan teknologi berhubungan dengan ruang yang berfrekuensi untuk menemukan cara untuk mngembangkan teknologi didalam industri, produk komersial dan barang konsumsi.

Lingkungan makro yang lain menyebabkan perubahan konduksi, sedangkan perubahan otonomi dikendalikan oleh asas sosial dan perubahan ekonomi. Ada beberapa tingkat yang sesuai untuk spesifikasi produk teknologi, antara lain.
  1. Tingkat pertama sesuai dengan pertanian.
  2. Tingkat kedua  sesuai dengan produksi mesin. 
  3. Tingkat ketiga mengarah pada perubahan informasi yang cepat oleh kemajuan teknologi komputer. 

Teori Gelombang Panjang dan Perubahan Ekonomi

Hubungan timbal balik antara bagian teknologi dengan bagian ekonomi didalam lingkungan makro. Sekelompok ahli ekonomi telah mengusulkan teori gelombang panjang untuk perkembangan ekonomi  yang terbentang pada pusat perkembangan ekonomi periode pertama.


Contoh Tahapan Perubahan Teknologi

Lingkungan teknologi dianggap sebagai bagian dari sistem filosofi sosial, norma - norma, ajaran agama dan ideologi dimana kita berada dibawah pelebaran pengepalan peradaban. pada setiap fase peradaban berdasarkan pada sistem yang berubah secara perlahan selama peiode waktu yang panjang. Secara luas teknologi dapat dilihat sebagai pengikut dan pengendali konflik.

Tahun 1980, Alvin Toffler meringkas tiga gelombang perubahan dan pengaruh yang dangat besar dimana gelombang tersebut memiliki peradaban, dalam buku yang berjudul The Third Wave. Toffler membagi menjadi 3 periode waktu yang dinamakan waves dimana dari ketiga waves memiliki daftar sendiri Techno Sphere (energi) dan sistem produksi dan distribusi. Bidang teknologi dapat dikendalikan oleh pengembang yang saling melengkapi bidang sosial, lokasi kerja dan lembaga pendidikan. Menurut pandangan Toffler ada 3 gelombang, antara lain.
  • Gelombang pertama terjadi pada hubungan revousi pertanian, periode dari sejarah peradaban  sekitar 8000 SM sampai 1700 SM. Teknologi yang muncul pada gelombang ini mencakup pengangkatan dan kerekan, mesin derek dan baji yang dirancang untuk menguatkan sumber energi dari kekuatan otot manusia, hewan, angin, matahari serta air. 
  • Gelombang kedua mengacu pada revolusi industri yang menepati periode waktu perkembangan manusia dari 1700- an sampai saat ini.  Produksi tersebar luas berubahan dalam penataan masyarakat. keluarga menjadi kecil, pekerjaan berubah dari ladang ke pabrik dan pendidikan kaum mudah berubah menjadi pendidikan dirumah.  
  • Gelombang ketiga, periode ini di mulai dari pertengahan sampai akhir tahun 50-an dimana dialami oleh sebagian besar negara yang berteknologi tinggi seperti Amerika Serikat, negara - negara Eropa Barat dan Jepang. Era ini ialah dasar dalam sistem elektronik yang mempercepat komunikasi, perhitungan dan penyebaran informasi. Ketersediaan yang luas dapat meninggalkan karakteristik masyarakat sosial 
Ada dua tipe perbedaan yang diusulkan yaitu gelombang hijau dan biologis. Kedua tipe perubahan dalam lingkungan teknlogi membujuk dan otonom menciptakan kesempatan dan perlakuan untuk mengoperasikan perusahaan pada berbagai industri. Perubahan otonom sulit diramalkan karena hasil tindakan tersebut dilakukan oleh pengembang teknologi dalam teknologi khusus yang mempunyai jalur perubahan dasar terus menerus. Informasi tentang teknologi khusus terletak pada individu dan fasilitator.

Secara singkat lingkungan teknologi ialah bagian yang sangat dinamis dari lingkungan makro. Dasar dan penerapann penelitian dapat menciptakan teknologi dengan kemampuan yang tidak terhindar  dari pengawasan, dorongan dan tingkat pengembangan teknologi dipengaruhi oleh faktor. Khususnya kondisi politik dan ekonomi yang terjadi pada sebuah negara.
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar