Pengertian Lingkungan dan Lingkungan Teknologi


www.wnputrio.com

Berdasarkan teori organisasi sistem terbuka, lingkungan organisasi menampilkan suatu basis dimana perlakukan manajemen dirancang. Ide teoristis dapat memperkaya ilmu manajemen teknologi. Lingkungan yang bernuansa sangat penting untuk menunjang keberhasilan di bidang manajemen teknologi.


Tingkat Lingkungan

Ada beberapa tingkat dalam lingkungan, antara lain.
  • Lingkungan kerja 
  • Lingkungan Industri (kompetitif)
  • Lingkungan makro (umum)
www.wnputrio.com


Lingkungan kerja ialah tempat dimana pelanggan, pemasok, pesaing atau agen lain yang secara langsung berhubungan pada suatu perusahaan. Perusahaan bisa menegosiasikan sumber modal baru dengan para investor, melakukan persetujuan dengan pemasok atau dapat melakukan pertemuan dengan pelanggan untuk melayani permintaan mereka.

Lingkungan industri terdiri dari perusahaan dan pesaingnya pada industri yang sama dimana faktor lingkungan secara langsung dapat mempengaruhi semua pesaing pada industri yang sama. ada beberapa faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi para pesaing meliputi para pemain baru, produk pengganti, penyuplai barang mentah dan pesaing.

Lingkungan makro ialah lingkungan yang dapat mempengaruhi semua aspek industri. Ada 4 segmen utama dalam lingkungan makro, yaitu sosial, ekonomi, politik dan teknologi. Lingkungan sosial terdiri dari demografi, gaya hidup dan nilai - nilai sosial. Demografi berkaitan dengan tingkat populasi, tingkat usia / distribusi secara geografis, suku dan tingkat pendapat. Gaya hidup dapat mencerminkan taraf hidup, pola kerja, pendidikan, tingkat konsumsi dan waktu luang. Nilai - nilai sosial berkaitan dengan pemikiran sebagai referensi masyarakat pada partai politik.

Lingkungan ekonomi terdiri dari susunan kondisi ekonomi secara umum dihadapi semua industri. Ada beberapa hal yang termasuk dalam lingkunga teknologi, meliputi persediaan, sumber alam dan aggregate dari semua pasar. Aktivitas ekonomi berkaitan dengan tingkat dan pola suatu output industri, konsumsi, pendapatan, tabungan, investasi dan produktivitas.

Lingkungan politik dapat menggabungkan semua proses yang akan dipilih. Lingkungan ini menjadi segmen lingkungan yang sering bergejolak.

Lingkungan teknologi ialah segmen lingkungan yang berupa petunjuk dari semua kemajuan teknologi. Ada dua cara sederhana agar dapat mengingat 4 segmen utama, antara lain.
  • Segmen lingkungan makro ialah saling berhubungan.
  • Berbagai segmen lingkungan makro dapat terjadi perbedaan antara masing - masing negara. 


Lingkungan Teknologi

Ada beberapa alasan agar lingkungan teknologi dapat menembus lingkungan makro dalm masyarakat, antara lain.
  • Menghasilkan produk, proses dan material baru. 
  • Memiliki pengaruh langsung dalam berbagai aspek masnyarakat. 
  • Mengubah aturan pesaing dan perdagangan dunia. 
Perkembangan teknologi ada dua kegiatan, antara lain ilmu pengetahuan baru dan penerapan pengetahuan.

1. Ilmu pengetahuan baru

Ialah penelitian asli atas kemajuan pengetahuan ilmiah yang tidak memiliki tujuan khusus. Penelitian ini berfokus pada hasil pengetahuan ilmiah dan berhubungan dengan pertanyaan dasar ilmiah. Inovasi teknologi dapat dipakai untuk kegiatan riset ilmiah walaupun dari hasil keterkaitan dengan metode ilmiah dan operasi praktis.

2. Penerapan ilmu pengetahuan

Pengetahuan ilmiah termasuk dalam latihan untuk merancang suatu inovasi yang akan mengatasi masalah dan kebutuhan. Penerapan ilmu pengetahuan memiliki beberapa kegiatan, meliputi riset terapan, permesinan dan komersialisasi.

Riset Terapan ialah penyelidikkan fenomena yang diketahui secara khas / bukan pengembangan ilmiah. Pengembangan dapat menghambat pengetahuan berlatih dalam bentuk portotipe yang dapat berfungsi sebagai teknisi dimana menurut teknisi ilmu pengetahuan untuk eksploitasi dagang. Komersialisasi berkaitan dengan kegiatan seperti manufaktur yang akhirnya menaruh teknologi berguna sampai diadopsi dan digunakan pihak lain.

Dapatkan Info Post Terbaru. Langganan Sekarang Yuk..

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Lingkungan dan Lingkungan Teknologi "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel