Bagaimana Cara Meningkatkan Skor TOEFL ? Dan Cara Mengatasi Rasa Cemas Pada Saat Ujian ?

www.wnputrio.com

TOEFL sangat diperhitungkan didalam dunia akademik dan profesional. Setiap tahun ratusan orang di Indonesia mengambil tes TOEFL, lebih dari 150 penerjemah bahasa profesional juga mengambil ujian TOEFL serta sekitar 200 akademi, universitas, program diploma, lembaga dan perusahaan juga menggunakan ujian TOEFL sebagai salah satu persyaratan untuk menguji profesionalitas akademik.


Untuk bisa mengerjakan ujian TOEFL dengan baik, tidak cukup dengan menghafal kosa kata dan tenses saja, tapi anda harus memahami konteks dan makna percakapan dalam bahasa inggris, mengerti tata aturan bahasa dan grammar, memahami isi bacaan dan mampu menuangkan gagasan secara runtut dalam bentuk tulisan.

Agar anda bisa meningkatkan kemampuan bahasa inggris maka anda harus banyak berlatih mengerjakan soal, membaca dan berlatih berbicara. Untuk dapat meningkatkan kemampuan anda maka anda harus mengetahui cara untuk meningkatkan skor  dan cara mengatasi rasa cemas pada saat ujian agar anda fokus dalam mengerjakan soal.

Bagaimana Cara Meningkatkan Skor ?

Untuk dapat meningkatkan nilai TOEFL maka ada beberapa cara yang harus anda lakukan diantaranya.
  • Pahamilah isi teks bacaan dan dialog percakapan yang ada dalam soal. Jika soal yang anda hadapi listening, maka anda harus benar - benar menyimak bacaan atau percakapan yang diperdengar dengan cermat dan teliti. 
  • Pada saat mengerjakan soal listening, anda harus membuat cacatan kecil tentang hal - hal yang penting dan mencatat poin penting yang dapat membantu anda untuk memusatkan konsentrasi. Anda dapat melatihnya dengan menyimak berita atau film dokumenter, kemudian buatlah cacatannya. 
  • Memperdalam pengetahuan anda tentang tata bahasa dan grammar bahasa inggris, dimana hal ini sangat penting untuk membantu anda memahami bacaaan dan percakapan yang diajukan dalam soal.  
  • Berlatihlah menulis esai dalam bahasa inggris dengan menggunakan model esai yang menjabarkan pendapat anda tentang suatu topik tertentu. Anda juga dapat memperbanyak latihan menulis agar anda mampu menuangkan gagasan secara runtut dan koheren. 
  • Perbanyak kosa kata dalam bahasa inggris, dimana ini bisa membantu anda dalam penguasaan kosa kata. Hal yang harus anda lakukan, meliputi banyak membaca dan membuka kamus, membuat kartu hafalan dan menulis kalimat dengan kata - kata baru. Penguasaan kosa kata yang kuat dapat membantu anda dalam memahami bacaan, menyimak, menulis dan berbicara dalam bahasa inggris. 
  • Memusatkan konsentrasi dan perhatian anda hanya pada soal ketika mengerjakan ujian TOEFL. 

Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Cemas Pada Saat Ujian ?

Agar anda dapat meningkatkan konsentrasi pada saat ujian maka anda harus mengetahui cara dalam mengatasi rasa cemas pada saat ujian berlangsung. Sebelum itu anda juga bisa meminta bantuan pada orang yang berada disekitar anda untuk tidak mengganggu pada saat belajar untuk persiapan ujian. jika anda merasa tergangu / tidak bisa berkonsentrasi dalam belajar karena suasana yang tidak mendukung maka carilah tempat yang anda anggap tenang, seperti perpustakaan. Anda akan bisa mengerjakan tes TOEFL jika anda merasa santai pada saat ujian. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi rasa cemas pada saat ujian, antara lain.
  • Tidur cukup, rata - rata orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama tujuh sampai delapan jam sehari semalam. Jika anda kekurangan tidur maka dapat menyebabkan stress, kurang konsentrasi dan performa menurun. Jika anda kesulitan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup maka anda harus melakukan hal berikut, antara lain buat jadwal tidur teratur, berendam dengan air hangat, membaca buku sebelum tidur, hindari mengkonsumsi kafein setelah jam makan siang dan lakukan olahraga ringan di pagi hari atau dua sampai empat jam sebelum tidur.
  • Konsumsi makan yang sehat dan berolahraga, hal ini sangat penting bagi kesehatan anda. Dengan menghindari pola makan yang tinggi gula, tinggi kalori dan rendah gizi seperti cemilan. Konsumsilah yogurt rendah lemak dan jus buah segar. Lakukanlah olahraga sebagai salah satu kegiatan rutin anda, dimana dengan melakukan olahraga dapat meningkatkan mood positif, mengurangi stress dan meningkatkan level energi. 
  • Belajar dengan tekun, berlatihlah dengan mengerjakan soal - soal TOEFL secara rutin. Jika anda mempersiapkan diri dengan baik maka ujian TOEFL bukan sesuatu yang harus dicemaskan. 
  • Persiapkan segala sesuatunya, dengan mencari tau dimana tes TOEFL itu diadakan dan buatlah rencana agar anda bisa sampai ke sana. Anda juga harus mempersiapkan segala bahan dan peralatan yang dibutuhkan pada saat ujian dengan cermat dan teliti. 
  • Buatlah tujuan yang realistis, anda perlu membuat tujuan yang nyata dan tidak terlalu sulit untuk diraih. Jangan jadikan ujian TOEFL sebagai segala - galanya. Ujian TOEFL memang penting tetapi tidak cukup penting untuk membuat anda melupakan bagian penting dari kehidupan anda. 
  • Berfikir positif, dengan anda berfikir positif sebelum ujian dilakukan akan membuat anda merasa tenang dalam mengikuti ujian karena tes TOEFL membutuhkan kesiapan jasmani, rohani, fisik dan mental. 
  • Beri hadiah kepada diri anda sendiri, setelah anda melakukan usaha yang cukup keras agar bisa lulus tes TOEFL, anda harus memanjakan diri sendiri agar dapat meningkatkan semangat dan membuat kegiatan menjadi lebih ringan.
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar