Apa Itu Teknologi Informasi dan Komputer

www.wnputrio.com

Teknologi memiliki peranan yang sangat penting pada saat ini, karena dengan adanya teknologi dapat memudahkan suatu pekerjaan. Teknologi juga memiliki pengaruh yang kuat pada suatu negara dengan mangikuti perkembangan teknologi yang ada maka negara tersebut tidak akan tertinggal jauh dalam bidang teknologi. Kali ini saya akan membahas tentang teknologi informasi dan komputer.

Teknologi Informasi 

Pada bidang teknologi informasi, komputer ialah sebuah alat yang dapat menyajikan informasi. Informasi ialah hasil yang didapatkan dari proses data yang di input. Perkembangan ilmu dan teknologi mengalami kemajuan dari tahun ke tahun. Saat pertama kali komputer ditemukan, alat tersebut belum bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan sesamanya. Komputer masih sangat sederhana saat itu. Semenjak kemajuan teknologi dibidang elektronika komputer semakin berkembang pesat dan dapat dirasakan manfaatnya pada kehidupan sehari - hari. Ada beberapa pendapat para ahli tentang teknologi informasi, antara lain

  • Menurut Haag dan Keen tepatnya pada tahun 1996, teknologi informasi ialah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas - tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
  • Menurut Martin tepatnya pada tahun 1999, teknologi informasi tidak terbatas pada teknologi komputer (perangkat lunak dan juga perangkat keras) yang dimana tidak hanya digunakan untuk memperoses serta menyimpan informasi, melainkan juga dipakai untuk bisa mencangkup teknologi komunikasi untuk mengirim informasi.
  • Menurut Williams dan Sawyer, teknologi informasi merupakan suatu teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan melalui jalur komunikasi yang memiliki kecepatan tinggi yang membawa video, data, dan suara.
  • Menurut Laudon dan Laudon tepatnya pada tahun 2007, teknologi informasi merupakan salah satu dari banyak perangkat yang digunakan oleh para manajer dan mengantisipasi perubahan.
Teknologi komputer adalah suatu teknologi yang memiliki hubungan dengan komputer dan juga peralatan yang berhubungan dengan komputer. Teknologi komunikasi ialah suatu teknologi yang bisa berhubungan dengan komunikasi jarak jauh.

Komputer

Secara luas komputer dapat diartikan sebagai alat elektronika yang terdiri dari komponen - komponen didalamnya. Komponen tersebut bekerjasama sehingga dapat mengahasilkan suatu informasi berdasarkan data dan program yang ada. Komputer ialah alat yang digunakan untuk mengolah data sesuai perintah yang telah dirumuskan. Ada beberapa defenisi menurut para ahli, antara lain.

  • Menurut Robert H. Blissmer tepatnya pada tahun 1988 buku Computer Annual, komputer merupakan suatu alat elektronik yang sanggup melakukan beberapa tugas sebagai berikut, menerima output, menyimpan perintah - perintah dan hasil dari pengolahan, memproses input tadi sesuai dengan programnya, dan juga untuk menyediakan output dalam bentuk informasi.
  • Menurut Donald H.Sanders tepatnya pada tahun 1983 buku Computer Today, komputer merupakan suatu sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output berdasarkan intruksi - intruksi yang tersimpan didalam memori (stored program).
  • Menurut Hamacher, Vranesic and Zaky tepatnya pada tahun 2002 buku Computer Organization, komputer adalah mesin perhitungan elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan didalam memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.
  • Menurut William M. Fouri tepatnya pada tahun 1981 buku Introduction To The Computer, The Tool Of Busines, komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang bisa melakukan perhitungan besar dengan cepat, termasuk melakukan suatu operasi logika dan juga perhitungan aritmatika yang besar, tanpa adanya campur tangan dari manusia untuk mengoperasikan selama pemrosesan.
  • Menurut Gordon B. Davis, tepatnya pada tahun 1981 buku Introduction To Computers, komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.
Kesimpulan,  komputer ialah alat elektronika, dapat menerima input data, bisa mengolah data, bisa memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored program), dapat menyiapkan program dan hasil pengolahan serta bekerja secara otomatis.
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar