Teknik Produksi dan Keterkaitan Antara Perancangan Produk Dengan Proses Produksi

www.wnputrio.com

Pengertian Teknik Produksi

Menurut buku Production Engineering, teknik produksi ialah berkaitan erat dengan disiplin dan bagian pokok dari teknik industri (Industrial Engineering). Teknik industri dapat dinyatakan sebagai designing the point process for a product.

Disiplin teknik industri ialah sebagai teknik manufaktur dengan berbagai pertimbangan yang berkaitan dengan proses produksi. Ada beberapa masalah yang berkaitan dengan teknik industri yang, meliputi desain dan pemilihan mesin (process engineering), desain peralatan bantu (tools, jigs dan fixtures), estimasi biaya, sistem perawatan (maintenance) dan pengepakkan (Packaging).   

Teknik produksi ditekankan untuk sektor industri pengolahan logam (metal working industry), meskipun ruang lingkup teknik industri tidak hanya itu saja tetapi dapat diaplikasikan pada seiap sistem operasioanl, seperti industri kimia, jasa pelayanan dan lain- lain.


Secara historis, perkembangan disiplin dimulai dari keinginan untuk bisa membuat rancangan produk tertentu dan memaksa orang untuk menemukan teknik pengerjaan maupun pengolaham material yang efektif. Dari hasrat seseorang ingin mencari untuk membuat produk yang efektif, merencanakan langkah - langkah dan mengendalikan semua langkah produksi secara lebih efesien.

Keterkaitan Antara Perancangan Produk dan Perancangan Proses Produksi

Ada satu hubungan yang erat dan saling ketergantungan  antara aktivitas perancangan produk, pemilihan material, proses, peralatan produksi, perancangan, serta pemilihan perkakas. Dimana langkah - langkah harus dapat direncanakan dan dikoordinasikan dengan benar agar dapat memperolah biaya operasi produksi yang paling efesien.

www.wnputrio.com

Kondisi yang banyak dihadapi pada saat sekarang bahwa sangat sedikit sarjana teknik industri yang menguasai aspek - aspek perancangan produk dan sedikit perancang produk yang merngerti seluk beluk tentang teknologi produk manufaktur. Perancang produk harus mengerti tentang keterbatasan jenis perkerjaan yang dilakukan, perbedaan biaya produksi dan mesin.
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar