Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Dalam Menentukan Alternatif Lokasi Pabrik

cara menentukan alternatif lokasi pabrik

Berikut ini beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam menentukan alternatif lokasi pabrik.

Production Input / Output

Biasanya sebuah pabrik didirikan dengan melihat faktor yang berkaitan dengan lokasi dimana sumber material dan hasil produksi akan didistribusikan. Lokasi dipilih dekat dengan sumber material jika dalam proses produksi material mengalami penyusutan yang besar (proses analitik). Cenderung lokasi pabrik  berdekatan dengan suplai sumber material contoh industri biji logam, industri pengilangan minyak, pabrik gula, pabrik sawit dan lainnya.

Lokasi pabrik dipilih berdekatan dengan wilyah pemasaran jika proses produksi mengarah ke pengggabungan / perakitan dari beberapa material (proses sintetik). Jika reduksi volume material terlalu besar maka akan terjadi penambahan volume dalam hasil kerja. bila industri yang mengarah ke hilir (output) maka produksi bisa langsung didistribusikan ke konsumen yang membutuhkan biasanya meletakkan lokasi pabrik yang berdekatan dengan wilyah pemasaran.

Proses Produksi ( Process Technology )

Ada beberapa proses yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan lokasi pabrik yang, meliputi suplai energi dan tenaga kerja. Energi ialah faktor produksi input yang sangat memegang peran yang kuat untuk kelangsungan indutri. Setiap industri memerlukan tenaga listrik dalam jumlah besar untuk berbagai macam kebutuhan pada proses produksi.

Public utility bisa mensuplai energi listrik dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan harus menyediakan sumber energi sendiri. Analisa ekonomi teknik dapat membantu dalam mengevaluasi kondisi seperti ini.

Mendirikan pabrik pada lokasi tertentu, perusahaan akan mempertimbangkan tenaga kerja dengan jumlah dan skill yang diperlukan. Tingkat upah juga menjadi daya tarik untuk menentukan lokasi pabrik pada wilayah tertentu.

Industri yang memakai pola labor intensive akan memilih lokasi yang berdekatan dengan tenaga kerja sedangkan pola capital intensive tidak terlalu mempertimbangkan tenaga kerja secara detail. Utilitas juga dipertimbangkan dalam pemilihan lokasi pabrik sepert ketersediaan air yang cukup besar untuk kebutuhan proses.

Kondisi Lingkungan Luar

Faktor tersebut bersifat kendala - kendala yang harus dperhitungkan pada saat analisa dan evaluasi terhadap pemilihan alternatif lokasi. Faktor luar juga dapat menunjang kelancaran proses produksi, suplai material dan distribusi output hasil distribusi.

Kendali lingkungan luar pabrik berupa kondisi sosial budaya masyarakat setempat, meliputi variabel demografis masyarakat terhadap beridirinya industri menjadi dasar pertimbangan yang cukup penting. Kondisi budaya, norma / adat istiadat tradisi dan tingkat pendidikan ialah aspek yang penting dalam menyelesaikan masalah perselisihan dan hubungan pemburuhan. hal yang berhubungan dengan kebijakan dan peraturan pemerintah yang meliputi UU, sistem perpajakan, proteksi, stabilitas politik keamanan ialah faktor luar yang menjadi pertimbangan khusus dalam evalusi penetapan alternatif lokasi yang feasibel.

Agar dapat membuat formulasi yang tepat maka dapat dijelaskan melalui studi analisa terhadap sistem industri yang menggambarkan hubungan dan keterkaitan dengan wilayah potensi pemasaran serta sumber pemasukkannya. Ada beberapa biaya yang dipertimbangkan dalam menentukan lokasi, antara lain.
  • Biaya untuk memenuhi kebutuhan produksi .
  • Biaya produksi dipengaruhi oleh tingkat teknologi yang diklasifikasikan dalam proses produksi. Dimana dapat diklasifikasikan sebagai fixed cots.
  • Biaya yang dibutuhkan untuk mendistribusikan output yang dihasilkan sampai ke konsumen. 
Permasalahan pemilihan alternatif  lokasi harus diputuskan oleh manajemen industri yang bersifat strategis. Dimana manajemen harus bisa memutuskan dan menetukan pilihan lokasi tepat dengan mempertimbangkan faktor yang terkait erat. Kendala yang dihadapi supaya bisa memperoleh total biaya produksi maupun transportasi yang sekecil mungkin. 
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar