Apa Saja Komponen Dasar Teknologi Pada Penilaian Kecanggihan Teknologi?

Komponen dasar teknologi

United and Social Commision For Asia and Pacifik (UNESCAP) menyatakan bahwa teknologi atlas project dapat dipandang dalam konteks produksi sebagai kombinasi dari empat komponen dasar yang berintegrasi secara dinamis pada suatu proses transformasi yang terdiri dari fasilitas rekayasa, kemampuan insani, informasi dan organisasi.

Pada proses transformasi, empat komponen tersebut diperlukan secara simultan. Proses transformasi tidak akan berjalan secara lancar jika keempat komponen tersebut tidak lengkap. Berikut ini penjelasan keempat komponen tersebut.

  1. Fasilitas rekayasa (technoware) ialah object embodied technology dimana fasilitas rekayasa dapat mencangkup peralatan, perlengkapan, mesin - mesin, alat pengangkut dan instruktur fisik.
  2. Kemampuan insani (humanware) ialah person embodied technology yang mencangkup pengetahuan, keterampilan, kebijakan, kreatifitas dan pengalaman. 
  3. Informasi (infoware) ialah document embodied technology dimana informasi yang disajikan berkaitan dengan proses, prosedur, teknik, metode, teori, spesifikasi, pengamatan dan keterkaitan. 
  4. Organisasi (orgaware) ialah institution embodied technology yang mencangkup praktik - praktik manajemen, linkages dan pengaturan organisasi.

Komponen- komponen tersebut juga berkaitan satu sama lainnya. Berikut ini keterkaitan antara empat komponen tersebut.

  1. Technoware ialah inti dari sistem transformasi dimana technoware dapat dibangun, disiapkan dan dioperasikan oleh humanware.
  2. Humanware ialah elemen yang sangat penting / sebuah kunci dari suatu operasi transformasi dimana humanware yang menggunakan infoware dalam menajalankan operasi transformasi.
  3. Infoware digunakan oleh humanware dalam membuat sebuah keputusan dan mengoperasikan technoware. 
  4. Orgaware  berfungsi untuk mengarahkan dan mengendalikan inforware, humanware dan technoware dalam menjalankan proses transformasi. 

Pada suatu kegiatan transformasi dimana masing - masing komponen teknologi memiliki tingkat sofistifikasi. Variasi tingkat sofistifikasi terjadi pada masing - masing komponen karena empat hal, antara lain.

  1. Kompleksitas operasi digunakan untuk meningkatkan penyebab kebutuhan dalam pengembangan dan menggunakan technoware dengan tingkat sofistifikasiyang lebih tinggi. 
  2. Kebutuhan atas keterampilan dapat meningkatkan, memperbaiki, membangun, memasang dan mengoperasikan technoware dengan tingkat sofistifikasi yang bervariasi serta membutuhkan humanware dengan tingkat sofistifikasi yang berbeda.
  3. Jika tingkat sofistifikasi technoware dan humanware meningkat maka sofistifikasi inforware untuk acuan pun meningkat.
  4. Jika jumlah dan ruang lingkup operasi dalam kegiatan transformasi meningkat maka fungsi manajemen akan semakin kompleks dimana hal ini dapat menyebabkan tingkat sofistifikasi yang dibutuhkan dalam orgaware untuk mengintegrasikan technoware, humanware dan infoware akan semakin tinggi.
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar