Penjelasan Lengkap Peramalan Teknologi

Apa itu peramalan teknologi

Ada beberapa istilah yang sering digunakan, meliputi perkiraan dan peramalan teknologi, dimana tidak ada batasan yang jelas antara kedua istilah tersebut. Dalam praktik, perkiraan teknologi ialah berkaitan dengan operasi - operasi perusahaan dan horizon waktu jangka pendek.

Sedangkan peramalan teknologi ialah skala waktu lebih panjang dan bersifat strategis. Menurut Freeman tahun 1987 menyatakan untuk mengenali gambaran utama suatu paradigma baru dan potensinya.

Pengertian Peramalan Teknologi

Peramalan ialah prediksi suatu variabel akan berubah pada jangka waktu tertentu. Peramalan teknologi ialah serangkaian proses formal terhadap penelitian perkembangan teknologi masa depan karena kemajuan ilmu, pengetahuan dan perubahan dalam masyarakat. Peramalan teknlogi dapat dibagi menjadi dua, antara lain.
  • Technological Opportunity Forecasting (TOF) atau disebut juga dengan peramalan peluang teknologi. Peramalan peluang teknologi ialah pengetahuan handal dimana digunakan untuk menilai masa depan dengan cara mengamati perkembangan yang terjadi pada saat ini dan memperkirakan peluang yang terjadi dimasa akan datang.
  • Normatif  Technological Forecasting (NTF) ialah perkiraan teknologi dan riset yang diperlukan berdasarkan masa depan dengan memperhatikan skala waktu. Hal ini sering disebut juga dengan Technological Demand Forecasting (TDF).
Peramalan teknologi yang berkaitan dengan skala waktu ada tiga, antara lain.
  • Jangka panjang (> 5 tahun) berkaitan dengan makro teknologi, sosial dan potensi ilmiah.
  • Jangka menengah (2 - 5 tahun) menekankan pada riset aplikasi pasar dan teknologi.
  • Jangka pendek (< 2 tahun) menekankan pada rincian produk dan potensi pasar dan perhatian khusus posisi dalam bersaing.
Menurut Twis and Goodridge tahun 1989 menyatakan bahwa mementukan skala watu itu sangat penting dalam peramalan teknologi. Dimana saat ini perusahaan yang berada di jepang telah memfokuskan dirinya pada peramalan teknologi dan penetapan tujuan teknis terperinci.


Peranan Peramalan Teknologi

Teknologi ialah instrumen utama dalam menghadapi persaingan global. Peramalan teknologi ialah langkah awal dalam memenangkan persaingan. Ada beberapa peranan peralaman teknologi, antara lain.
  • Penilaian potensi pasar terhadap produk / pasar tertentu agar dapat menghasilkan teknologi baru. 
  • Penilaian tingkat kemajuan teknologi baru pada sebuah perusahaan atau industri.
  • Penilaian dampak teknologi baru pada sebuah perusahaan atau industri.
Dalam peramalan teknologi dapat dibagi menjadi beberapa level perusahaan, yaitu :
  • Menetapkan tujuan riset.
  • Menyadarkan perusahaan terhadap ancaman dan peluang yang terjadi dimasa depan. 
  • Mengembangankan komponen riset.

Teknik - teknik Peramalan Teknologi

Ada beberapa teknik yang digunakan dalam peralaman teknologi, antara lain.
  1. Single trend Extrapolation ialah pemeriksaan data yang kecenderungan biaya dan produktivitas dapat berguna untuk mengidentifikasi ide - ide. Ada beberapa metode statistik untuk kecenderungan tersebut, dimana metode itu harus digunakan secara hati - hati karena cenderung tidak dapat berlangsung dan eksploitasi dilakukan tanpa pemahaman gerak serta perubahan teknologi ialah berbahaya. 
  2. Analisis Substitusi dilakukan dengan mengamati pergantian teknologi dari waktu ke waktu. 
  3. Perkembangan Skenario ialah berdasarkan asumsi dan dampak dari setiap skenario yang dikembangkan oleh perusahaan. Salah satu teknik yang digunakan dalam perkembangan skenario ialah Dynamo (Dynamic Modelling) yang dikembangkan oleh Foster.
  4. Metode Dhelpi digunakan untuk peramalan teknologi untuk jangka panjang. Pada metode ini pekembangan teknologi potensial dimunculkan dan para ahli mengemukakan pendapat tentang kemungkinan akan terjadi. Pendapat para ahli tersebut dikemukakan secara tertulis dan namanya di cantumkan pada lembaran agar tidak terpengaruh dengan pendapat ahli yang lain. Metode dhelpi memiliki sifat Iteratif / berulang smpai didapatkan hasil ramalan yang jelas. 
  5. Analisis Dampak Silang (Cross impact analysis) ialah kajian terhadap saling ketergantungan perkembangan teknologi dan interaksi dari perubahan sosial yang berkaitan dengan teknologi.
  6. Evaluasi Morfologi ialah ilmu bentuk dan struktuk yang digunakan menyelidiki peluang teknologi baru secara sistematis dengan cara mengabungkan berbagai bentuk teknologi baru. Evaluasi morfologi menekankan pada lternatif terhadap pengembangan teknologi lengkap dengan penjelasan dari setiap alternatif.

Batasan Akurasi Peramalan 

Metode peramalan yang digunakan tidak ada yang tepat, pasti ada kesalahan. Berikut ini ada beberapa komplikasi tambahan dalam peramalan teknologi, antara lain.
  • Interaksi antara teknologi.
  • Penemuan ilmiah dasar yang dapat menyebabkan kecepatan perubahan serta bisa memutus eksploitasi kecenderungan yang ada. 
  • Kesulitan memperkirakan tempat difusi teknologi baru.

Sistem Permalan Teknologi 

Hasil peramalan teknologi harus dievaluasi setiap saat, terutama untuk teknologi yang mengalami perubahan sangat cepat.  Dalam melakukan peramalan teknologi ada kemampuan yang harus dimiliki, antara lain.
  • Mengidentifikasi kemungkinan yang akan terjadi dimasa depan.
  • Kemampuan untuk menilai risiko, biaya dan masalah - masalah yang berkaitan dengan kombinasi peralatan.
  • Kemampuan untuk mengevaluasi implikasi terhadap biaya, pemasaran dan organisasi. 

Hasil Peramalan Teknologi

Dalam melakukan peramalan teknologi pasti selalu ada resiko kesalahan. Hasil peramalan teknologi memiliki hal utama yang harus diketahui ialah kemampuan untuk mengidentifikasi faktor - faktor terkait dan kepekaan terhadap hasil akhir serta pembuatan asumsi yang akan digunakan. Esensial yaitu ramalan teknologi ialah alat bantu dalam manajerial untuk mengambil keputusan.
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar